Itou Kento (IDOLM@STER SideM Cast Interview)


(Source: MyAnimeList)

 ---Pertama, tolong ceritakan saat Itou-san mengikuti audisi IDOLM@STER SideM (SideM).

Selain mendaftar untuk Hazama Michio, saya juga mendaftar untuk Akuno Hideo dan beberapa tokoh lain. Meski begitu, saya juga tidak menolak Hazama-sensei. Saya merasa untuk beberapa Idol nantinya pasti akan terpilih dalam audisi, jadi saya menambah banyak catatan pada naskahnya, namun untuk Hazama-sensei, no mark. Saya baru melihatnya di tempat, dan saat membaca ulang naskahnya, saya benar-benar tidak menuliskan apapun (tertawa). Saya benar tidak memikirkan apapun dan melakukannya dengan biasa, dan hasilnya saya cocok dengan Idol bernama Hazama Michio, sepertinya ini takdir.

---Tolong ceritakan kenangan Anda saat pertama kali merekam kompilasi.

Kompilasi pertamanya adalah part drama dari CD-nya. Kalau tidak salah, 3 anggota S.E.M. merekamnya bersama 2 orang dari W. Saya berjuang keras memikirkan bagaimana diri saya mendekati karakter bernama Hazama Michio. Sekarang pun saya masih belum merasa sempurna, namun waktu itu daripada memikirkan dimana dan bagaimana, pertama saya berusaha keras untuk membentuknya.

---Menurut Anda, Hazama Michio itu karakter yang seperti apa?

Sekarang pun saya masih sering mendapat arahan untuk “Tolong lebih seperti roboy”, “Tolong jangan terlalu banyak memulai percakapan”, dari sutradara, namun ia memang seperti penampilannya, “Guru matematika yang cool”. Keywordnya kacamata dan penampilannya itu. Ia karakter yang mudah dibayangkan. Gambarannya seperti di antara para guru, pasti ada 1 orang yang seperti ini. Awalnya saya memerankannya dengan image demikian, namun semakin mengenalnya, ia tidaklah dingin. Saya terlanjur menangkapnya demikian, sih. Setelah membacanya baik-baik, saya merasakan itu. Karena itu sekarang, kesan saya berbalik dengan dingin itu.

---Kalau begitu, menurut Anda bagian mana yang menarik dari Hazama-sensei?

Dia punya banyak sifat yang menarik. Di dalam hatinya, semangatnya begitu membara, namun ia ceroboh. Alasan S.E.M menjadi Idol pun itu karena dia yang mengusulkan, dan alasannya adalah “Demi para siswa”. Dia sangat menarik.

---Selanjutnya, tolong ceritakan mengenai kenangan saat rekaman lagu. Lagu apa yang pertama direkam Itou-san sebagai Hazama-sensei?

Kalau tidak salah, “DRIVE A LIVE”. Saya ingat, saat itu saya pulang dan mendengarkan hasil rekaman yang apa adanya, namun batin saya “Tidak bagus, ya”. Saya tidak bisa menyanyikannya sesuai bayangan.

---Lagu seperti “DRIVE A LIVE” terlihat sulit untuk dinyanyikan sebagai Hazama-sensei, ya.

Saat itu memang terasa sulit, namun sekarang secara alami, dalam tingkat tertentu saya merasa dalam diri saya ada suara Hazama-sensei. Saya memikirkan bagaimana prioritas orang yang bernama Hazama Michio saat menyanyikan sebuah lagu. Apakah ia memprioritaskan suaranya, atau menyesuaikan intervalnya. Saat memikirkannya, saya sampai pada kesimpulan, mungkin yang pertama menyesuaikan intervalnya. Karena menurut saya ian menggunakan teknik bernyanyi yang tidak mengedepankan perasaannya, saya berusaha menyanyikannya sesuai notasi musik dan lembar musik yang diberikan.

---Begitu rupanya. Lalu, lagu apa yang membuat Anda merasa “Inilah gaya lagu Hazama-sensei!”?

Mulai dari “√EVOLUTION”. Baru akhir-akhir ini, ya. Sekarang pun saya tidak bisa mengatakan “Ini dia! Sempurna!”, namun saat ada lagu baru saya selalu mencoba membuat solusi paling pas sampai saya merasa, “Mungkin seperti ini”.

---Apakah ada lagu yang membuat Anda merasa menemukan suatu sisi baru?

Ada beberapa lagu. Setiap S.E.M mengeluarkan lagu baru, ekspresi Hazama-sensei sebagian besar seperti itu, ya. Kalau lagu yang rilis akhir-akhir ini, “Happy’s Birthday”. Ia adalah karakter yang sulit untuk dilihat kelembutannya, namun pada lagu ini ada bagian yang membutuhkan pengekspresian kelembutan, jadi saya memasukkan satu, dua sisi lembutnya. Saya tidak boleh terlalu lembut, jika wajahnya terbuka sedikit saja, akan bagaimana ekspresinya, saat menyanyikan lagu seperti itu saya membayangkannya. Pada “∞Possibilities”, saya membayangkan bagaimana sosok Hazama-sensei yang keren, dengan begitu saya bisa menyanyikannya dengan alami. Pada “Sa-yo-na-ra Summer Holiday” ada ketekunan yang berbeda lagi. Pada setiap lagu ada kesempatan untuk memikirkan ekspresi yang baru.

---S.E.M yang dipimpin oleh Hazama-sensei itu unit yang seperti apa?

Mereka itu, harus lengkap jika ingin disebut unit. Itu tidak bisa terbentuk hanya dengan Hazama Michio dan Yamashita Jiro, tidak bisa juga hanya dengan Yamashita-sensei dan Maita Rui, hanya Hazama-sensei dan Maita-sensei pun tidak jadi. Mereka adalah unit yang membentuk segitiga sempurna. Mereka jadi seimbang karena saling mendorong satu sama lain. Karakter mereka pun sangat berbeda. Untuk Maita-sensei sendiri usianya juga berbeda, mereka adalah unit yang menarik. Habisnya, mereka Idol namun berusia 30 tahunan dan merupakan mantan pengajar, dan meski mengecualikan poin mantan pengajar ini, masing-masing dari mereka tetaplah unik.

---Iya, memang benar.

Yang lainnya adalah Idol yang tidak akan pernah ada. Pada seri IDOLM@STER, banyak lagu berkonsep call & response, namun Hazama-sensei tidak begitu percaya diri melakukannya. ia tidak akan meledakkan perasaan dan mengatakan “Hey!”. Karena itu, meski tidak ada di naskahnya, saya memasukkan “Hey!” yang kaku saat menyanyi. Misalnya saat Yamashita-sensei sudah merekam tapi Maita-sensei belum, saat kita mendengarkan “Hey!” dari Yamashita-sensei dan Hazama-sensei saja, saya langsung cemas. “Apakah S.E.M akan baik-baik saja…”, batin saya. Namun setelah memasukkan suara Maita-sensei, akan lebih terdengar seimbang, cerah, dan menyenangkan. Jika hanya Hazama-sensei dan Maita-sensei saja, akan terpikir “Apakah mereka berdua akan baik-baik saja?”. Sebagian “Hey!”-nya cerah, namun sebagian lagi kaku. Namun dengan menyatukan “Hey!” dari tiga orang ini, akan lebih seimbang dan enak didengar. Itu adalah hal yang mengagumkan.

---Rupanya begitu alasan mereka harus bertiga. Nah, dari sekarang, SideM akan terus berlanjut. Mengenai lagu, sosok S.E.M seperti apa yang ingin Anda lihat kedepannya?

Sampai sekarang, daripada disebut berbeda sosoknya, lagu S.E.M terus berevolusi, mulai dari “∞Possibilities”, hingga lagu yang terbaru “√EVOLUTION” dan “Happy’s Birthday”. Menurut saya setiap lagu perlahan menjawab lagu sebelumnya, dan terus berakumulasi. Saya ingin mengembangkan evolusinya. Lalu saya ingin melihatt apa yang ingin mereka sampaikan pada akhirnya. Daripada ingin melihat hal yang di luar dugaan, saya lebih menantikan sosok baru S.E.M yang bermula dari “∞Possibilities”.

---Kalau begitu, pertanyaan terakhir. Bagi Itou-san, apa daya tarik SideM?

Daya tarik SideM…. Ini mungkin juga berkaitan dengan daya tarik S.E.M, menurut saya tema SideM berkaitan dengan, “Kau bisa memulai tantangan kapanpun itu”. S.E.M menjadi Idol setelah menjadi guru. Di dunia nyata mungkin ini mustahil untuk dibayangkan, namun mereka memutuskannya setelah memantapkan hati bahwa tidak ada kata terlambat, dan itu disampaikan kepada semuanya. Di antara “Idol yang ada karena suatu alasan”, mereka terlambat mekar, ada deskripsi bahwa mereka tidak menyerah meski beberapa kali gagal, namun kapanpun kita merangkul mimpi itu, seberapa banyak kita merangkul mimpi, itu juga dinyanyikan dalam “Happy’s Birthday”. Salah satu daya tarik SideM adalah mengajarkan hal itu. Idol 315Production itu asal dan usianya sangat bermacam-macam, dan bagi S.E.M usianya mungkin terlampau cukup jauh, namun itu juga daya tariknya. Harusnya ada episode yang melekat dengan semuanya. Jika ada poin yang melekat dengan anak SMA, maka ada juga poin yang melekat dengan orang dewasa. Ada juga hal yang berubah seiring bertambahnya tahun. Saat SideM dimulai, Hazama-sensei lebih tua dari saya dan pernah merasakan kegagalan, ia orang dewasa yang keren yang bangkit dari situ dan menemukan jalan baru dalam dirinya, namun sekarang saya sudah jadi lebih tua dari Hazama-sensei. Kita tidak akan pernah lelah karena akan ada sudut yang berbeda dari daya tarik mereka saat dilihat pada saat masih anak-anak dan saat sudah dewasa. Saya menantikan perkembangan mereka ke depannya. 

***

LisAni Edisi Maret 2022

Diterjemahkan oleh: Nisrina AF

(19 Januari 2023)

***

Komentar