Terashima Takuma (IM@S SideM Cast Interview)

 

(Source: MyAnimeList)


---Tolong beritahu perasaan Anda saat bergabung dengan seri Idolm@ster, Idolm@ster SideM (SideM).

Saya senang karena kegiatan (Amagase) Touma dan yang lain—Jupiter—akhirnya berlanjut. Habisnya, saat keluar dari 961 Production (961Pro) itu mereka menatap lurus ke depan dan sangatlah keren, karenanya membayangkan ceritanya tidak berlanjut itu sangatlah menyedihkan, begitu mengetahui cerita mereka akan berlanjut, saya langsung terpikir “Ah, syukurlah”, begitu.

---Tolong beritahu kenangan Anda saat pertama kali mengisi suara Touma.

Saya tidak begitu cemas dan melakukannya seperti biasa. Perasaan seperti, “Ayo buat jadi seperti ini”, “Ayo kita coba putar dialognya begini,” itu tidak ada. Saya tidak tahu apa itu bagus atau tidak, daripada menggunakan teknik tertentu, saya hanya menampilkan Touma apa adanya. Saya juga tidak ingat ada kesulitan berarti, menurut saya perasaan “terus maju” saat itu memang tepat, dan akhirnya terhubung dengan Amagase Touma yang sekarang.

---Menurut Anda, Amagase Touma itu idol yang seperti apa?

Dia orang yang jujur apa adanya. Ia sendiri mengatakan, “Tujuanku adalah Top Idol”, namun pada akhirnya ia sendiri percaya bahwa dirinya sudah menjadi Top Idol. Berhasil maupun gagal, senang maupun sedih, ia adalah orang yang dapat mengubah gambar menjadi drama, begitu menurut saya.

---Apakah terdapat perbedaan lagu semasa 961Pro dengan saat ini?

Sama sekali berbeda. Gaya lagunya yang sekarang itu, tidak lain karena pengaruh Produser-san. Saat melihat reaksi penggemar di SNS, mereka menyadari bahwa cara bernyanyi saya memanjang pada vokal “e” dan berakhir dengan “u”. “Begitu, rupanya!” batin saya. Saya sendiri tidak terlalu terpikirkan, namun sejak sadar sebaliknya, saat bernyanyi untuk musik saya pribadi, saya sadar untuk tidak menggunakan tembok itu dan bernyanyi apa adanya, sebaliknya saat bernyanyi sebagai Touma saya memakai penekanan itu, dan beralih layaknya saya bernyanyi untuknya. Karenanya, kepribadian Touma lahir berkat adanya Produser-san. Saya dapat merasakan dukungan semua orang yang menciptakan lagu para Idol melalui Touma. Karenanya image Touma menjadi semakin jelas berdasarkan suara para penggemar waktut itu, dan saya lebih bisa merasakannya secara nyata. Disitulah saya melihat satu kepribadiannya.

---Apakah ada lagu yang membuat Anda membatin, “Dia ternyata juga menyanyikan lagu seperti ini, ya”?

Salah satu kehebatan seri Idolmaster itu adalah seorang Idol menyanyikan berbagai lagu dengan pola berbeda dan menyanyikannya dengan baik. Kalau Touma, menurut saya ia selalu melekat dengan image “keren” dan “menggebu”, namun “Planet Scape” dan “Over Again” sangat berbeda dengan image tersebut, bukan? Sebelumnya, saat berlatih di rumah saya terkejut karena, “Ternyata Touma juga bisa bernyanyi seperti ini, ya”. Selanjutnys saya juga memikirkan tingkat keceriaan Touma selama rekaman dan membayangkannya. Direktor juga meminta saya untuk, “Bisa coba nyanyikan dengan perasaan yang sedikit lebih bersinar?”. Dengan tingkat keceriaan dan saturasi kroma begitu, akhirnya saya dapat mengekspresikan Touma, sungguh menarik, ya.

---Terashima-san saat menjalankan Live peringatan 5 tahun aktifitas artist, Anda juga terlibat dengan salah satu lagu karakter salah satu konten idol lainnya, bersamaan dengan itu Anda juga meng-cover lagu Touma. Dua karakter ini sering dibilang berbeda, namun bagaimana pendapat Anda?

Produk idol yang lahir dari game, dan keduanya berkembang pesat dan menjadi besar secara bersamaan, ya. Tidak hanya dua karakter ini, karakter manapun punya penrasaan spesial bagi saya, namun mengenai lagunya, bisa dibilang mereka kerap tampil, darisitu pengaruh yang didapat juga besar. Ada bagian yang mirip antara keduanya, namun karena stance mereka cukup berbeda, jika melakukannya selama 2 hari maka itu mereka, juga ada penyesuaian dengan live-nya. Karena saya belum pernah menampilkan “BANG X BANG” di kampung halaman saya, sempat ada kebimbangan, “Apa tak apa mencobanya?”, namun karena persiapan yang matang, “Aku melakukannya—!" begitu. Setelahnya saya meminta Yusuke-sensei untuk koreografinya, dan melakukannya dengan baik. Mungkin ini hal biasa, namun karena saya adalah seorang seiyu, ada kalanya saya ingin lebih mementingkan karakter daripada diri sendiri. Untuk koreografi, mungkin saya bisa mencobanya sendiri, namun karena mungkin suatu saat saya harus menampilkannya, sebaiknya saya meminta secara resmi. Dengan ini saat hari Live SideM tiba maka semangat saya akan semakin terbakar. Saat itu saya dibolehkan melakukannya sebagai “Terashima Takuma”, namun saya mencoba membayangkan bagaimana jika menari sebagai “Amagase Touma”. Saat rekaman “BANG X BANG”, saya diberitahu bahwa image Touma adalah Super Idol yang mengikuti jalan raja. Lagu ini bagus, menyenangkan, menarik, juga berkilauan. Ini lagu yang membuat kita berpikir “Ah, ini salah satu sisi yang dimiliki karakter bernama Amagase Touma”, ya. Karena itu saat menyanyikannya sebagai diri saya terdapat rasa untuk harus bekerja keras. Suatu saat saya ingin menyanyikannya sebagai Amagase Touma.

---Cerita mengenai Jupiter pernah tayang di TV Anime “THE IDOLM@STER Prologue SideM -Episode of Jupiter-“ (Episode of Jupiter) yang menggambarkan bagaimana Jupiter masuk ke 315 Production (315Pro), di aplikasi game “IDOLM@STER SideM GROWING STARS” (Saisuta) juga kita dapat melihat pertemuan mereka dengan 961Pro.

Saya terkejut dengan itu. “Kita kembali sejauh itu!?” batin saya. Namun ketika melihat script Saisuta, tampaknya tidak banyak yang berubah. Karakter bernama Touma tetap menjadi Idol. Karenanya saya bisa tetap maju seperti ini.

---Saat melihat episode masa lalu mereka sebagai seorang produser, dada kita serasa membara, namun saat memerankannya sepertinya ada saat Anda merasa ‘waduh’ begitu ya?

Iya, ada! Kalau tidak ada ini, mungkin Touma yang sekarang tidak ada, episode yang ada di Saisuta juga begitu. Menurut saya di Episode of Jupiter digambarkan bagaimana mereka lari dari jalan liar yang menyimpang dalam dunia hiburan, sesuatu yang lebih berat dibanding saat memasuki dunia hiburan. Touma memilihnya sendiri, dan dua anggota lain mengikutinya, pemandangan saat mereka bertiga melakukannya bersama, seperti dokumenter yang tak terbayangkan, ya. Kedalaman dan pemahannya menjadi dua kali, bahkan puluhan kali lipat. Karena bisa menyulap peristiwa itu, sekarang kita bisa menikmatinya. Bila itu tidak diceritakan, mungkin akan ada perasaan menggantung mengenai bagaimana mereka bergabung dengan 315Pro. Karena itu, sebagai orang yang terlibat dengan Amagase Touma, saya merasa sangat berterima kasih karena dibuatkannya Episode of Jupiter.

---Diantara Live SideM, tolong beritahu satu yang tidak bisa Anda lupakan.

Menurut saya sudah pasti “THE IDOLM@STER SideM 3rd LIVE TOUR ~GLORIOUS ST@GE~”. Saya sangat senang bisa menampilkan “Alice or Guilty”. Saat menyanyikan lagu itu, saya kadi penasaran bagaimana menyanyikan lagu Jupiter yang lain semasa 961Pro. Karena hanya ada dua lagu tentang “Ayo mulai bercinta”, yang kita kenal. Saya sangat penasaran bagaimana lagu yang dinyanyikan Jupiter di dunia sana, saya juga terpikir apakah “Ayo mulai bercinta” yang kami lakukan sekarang sama dengan Jupiter disana. Sekarang pun kita masih terpikir untuk mendengar lagu Jupiter semasa 961Pro, karena yang kita dengar sekarang baru “Alice or Guilty” saja.

---Kalau begitu, pertanyaan terakhir. Menurut Anda, apa daya tarik SideM?

Konten yang bisa memberi kebahagiaan. Hubungan Produser dan Idol memang begitu namun mereka adalah Idol yang kita besarkan sendiri, tidak hanya keberadaannya, melainkan performa mereka juga memberi semangat. Ada sensasi antara kedua sumber energi itu. Menurut saya daya tarik ini tidak hanya terbatas pada SideM, namun begitu pula untuk keseluruhan seri IDOLM@STER.

 

LisAni Edisi Maret 2022

Diterjemahkan oleh: Nisrina AF

(22 Desember 2022)

 

 


Komentar